Skip to main content

5 Bandara di Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara setidaknya punya 5 bandar udara (bandara) komersial. Ada bandara peninggalan Belanda dan Jepang kemudian dikembangkan lebih jauh, yaitu Bandara Haluoleo Kendari dan Bandara Sugimanuru Muna Barat. Ada pula bandara yang dibangun belum lama berselang setelah Indonesia merdeka.

Apa pertimbangan militer Jepang begitu banyaknya tempat di Sulawesi Tenggara mengapa memilih Pulau Muna untuk membangun satu landasan udara lagi, di samping Landasan Udara Kendari yang sudah ada dibangun Belanda? Perlu penelusuran lebih jauh oleh sejarawan dan arkeolog.

Lepas dari tanda tanya itu, berikut 5 bandara di Sultra disusun berdasarkan urutan tahun kelahirannya.

1. Bandara Haluoleo

Bandara Haluoleo kurang lebih 27 kilometer dari Kota Kendari merupakan peninggalan Belanda. Beberapa kali sudah ia berganti nama, mulai dari Lapangan Terbang Kendari II, Bandara Wolter Monginsidi, dan terbaru Bandara Haluoleo.

Saat pendudukan Jepang, Lapangan Terbang Kendari II dijadikan pangkalan angkatan udaranya. Sejarah mencatat, Teluk Kendari merupakan salah satu pangkalan militer tentara Jepang saat terjadi Perang Pasifik pada 1942-1943. Tidak heran banyak peninggalan militer di wilayah ini dan sangat lengkap.

Analisis militer mengungkapkan, Lapangan Udara Kendari II letaknya sangat strategis, merupakan jalur aman dan paling dekat untuk menyerang musuh yang berada di wilayah Samudera Pasifik.

Menurut buku ”Jejak Arkeologi Perang Pasifik di Situs Lapangan Terbang Kendari II, Konawe Selatan-Sulawesi Tenggara” yang ditulis M. Irfan Mahmud dan Syahruddin Mansyur, di halaman ”Sejarah Situs Lapangan Terbang Kendari II” disebutkan:

  1. Zaman Hindia Belanda. Belanda membangun bandara pada 1936. Pendaratan pertama pesawat Angkatan udara Belanda dilakukan pada 7 Oktober 1938.
  2. Zaman Jepang. Jepang menyerang dan mengambil alih bandara dari Belanda pada 24 Januari 1942.
  3. Zaman kemerdekaan. Oktober 1950 pendaratan pesawat AURI pertama kali,
  4. Pada 27 Mei 1958 pemerintah Indonesia mengubah namanya menjadi Pangkalan TNI AU Wolter Monginsidi.
  5. Pada 1975 penambahan fungsi sebagai pelabuhan udara untuk pesawat sipil komersial dan berganti nama menjadi Bandara Wolter Monginsidi Kendari.
  6. Pada 13 Februari 2010 berganti nama menjadi Bandara Haluoleo.

Nama Bandara Haluoleo berubah di era Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam. Haluoleo merupakan nama kesatria Konawe di masa silam.

"Karena Haluoleo merupakan tokoh pemersatu sebagai mana kajian sejarawan, Haluoleo berarti trimurti dari Lakilaponto di Kabupaten Muna, Murhum di Kabupaten Buton, sehingga lengkaplah sudah bingkai persatuan elemen masyarakat Sultra di bawah sebutan Haluoleo,” jelas Nur Alam, di hadapan seluruh civitas akademika Unhalu (saat ini UHO), saat menghadiri acara wisuda program sarjana, di Auditorium Unhalu, 21 Maret 2009.

2. Bandara Sugimanuru

Bandara Sugimanuru berada di Pulau Muna, dibangun Jepang di masa Perang Asia Timur Raya 1942-1945. Sepeninggal Jepang ia tidak terurus dan telantar. Sugimanuru diambil dari nama Raja Muna ke-6.

Era kemerdekaan, Dinas Perhubungan setempat mengungkapkan, pada masa Kabupaten Muna dipimpin Bupati La Ode Saafi Amane (1981-1986), bandara ini pada 1984 direvitalisasi menjadi bandara penghubung antardaerah di Sulawesi Tenggara. Sebuah pesawat jenis Cassa dioperasikan melayani rute Makassar-Baubau-Muna.

Namun tidak berlangsung lama, karena beberapa faktor di antaranya lahan bandara belum memiliki sertifikat yang sah, tidak memiliki batas lahan yang jelas, dan tidak memiliki pagar keliling menyebabkan hewan ternak bebas masuk di area bandara yang dapat mengancam keselamatan maskapai yang beroperasi. Masalah tanah ini panjang ceritanya dan baru selesai pada 1993.

Pada 2010 era Bupati Muna Ridwan Bae, sebelum Kabupaten Muna memekarkan Muna Barat, bandara kembali beroperasi dengan pesawat ATR 72-600, tapi tak lama kemudian berhenti lagi.

Saat terjadi pemekaran daerah, bandara Sugimanuru masuk wilayah administrasi Muna Barat. Pada 2017 era Bupati Muna Barat Rajiun Tumada bandara kembali dioperasikan, setelah landasan pacunya ditambah serta dilengkapi dengan terminal penumpang. Bandara mula-mula melayani rute penerbangan Muna-Makassar pergi pulang. seiring zaman dia terus berkembang.

Bandara Sugimanuru dari ibu kota Kabupaten Muna, Raha, hanya kurang lebih 25 kilometer (km) atau dapat ditempuh kurang lebih 30 menit. Demikian pula dari Kabupaten Buton Tengah hanya berjarak kurang lebih 20 km atau dapat dijangkau sekitar 25 menit.

3. Bandara Betoambari

Bandara yang berada di Pulau Buton tepatnya di Kota Baubau ini dibangun 1976, sebagai bandara perintis.

Setelah sempat telantar dan nyaris tidak dipakai, pada 2001 landasan bandara ditingkatkan.

Akhir 2003 sebuah penerbangan swasta menyinggahi bandara ini dengan pesawat yang berkapasitas 54 tempat duduk. Mula-mula, Bandara Betoambari Baubau melayani peberbangan komersial Baubau-Kendari dan Baubau-Makassar dan sebaliknya. Seiring zaman ia terus dikembangkan.

4. Bandara Sangia Nibandera

Bandar Udara Sangia Nibandera Kolaka mulai dibangun pada 2006 dengan dana APBN Kementerian Perhubungan, dengan runway eksisting berdimensi 700 M x 18 M.

Dan pada 2008 dilakukan penerbangan perdana oleh Bapak Bupati Kolaka Buhari Matta dan rombongan menggunakan pesawat Susi Air.

Sejak itu fasilitas bandara terus dikembangkan hingga pada 2013 Bandara Sangia Nibandera sudah beroperasi untuk penerbangan komersial, mula-mula melayani rute Kolaka-Makassar pergi pulang. seiring zaman, dia terus dikembangkan.

5. Bandara Matahora

Bandara Matahora Wakatobi

Dibangun pada 2007, Bandara Matahora Wakatobi diresmikan 21 Mei 2009, penerbangan pertama Kendari-Wakatobi dilayani armada pesawat Susi Air.

Sepanjang 2011-2016 Pemkab Wakatobi bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan mengembangkan bandara sehingga bisa didarati pesawat berbadan besar.

Sejak 2012 ia mulai didarati Wings Air, mula-mula melayani rute Wakatobi-Kendari pergi pulang. Seiring zaman, dia terus dikembangkan. (*)

Baca Juga:
Petunjuk Jalan Keliling Daerah Sulawesi Tenggara
Kendari Pernah 12 Kali Dibom Sekutu
4 Pelabuhan Penumpang Kendari
Timeline Pemekaran Daerah di Sulawesi Tenggara


Comments

Popular posts from this blog

Katimboka: Layangan Pertama di Dunia

Peneliti layang-layang asal Jerman, Wolfgang Bieck, saat memulai penelusurannya pada 1997 mendapati semua literatur menunjuk Cina rumah kelahiran layang-layang dunia. Mengambil tonggak 2800 tahun lalu Cina telah menerbangkan layangan terbuat dari sutra dan bambu emas sebagai bingkainya. Penggalian lebih jauh mempertemukan Wolfgang dengan layang-layang di Asia Tenggara yang lebih primitif. Terbuat dari daun. Baca Juga: Raja Festival Layangan Internasional Itu Bernama Kolope Persepsinya mengenai layang-layang terdamprat. Dari situ dia mulai membuka jalur baru pemetaan asal muasal layang-layang, menggunakan pendekatan teori evolusi. Wolfgang Bieck mengungkapkan hal ini kepada penulis, saat Festival Layang-Layang Internasional 2006 yang diselenggarakan di Kabupaten Muna, satu pulau kecil di Indonesia. Ia menaruh purbasangka, layang-layang sutra hanya mata rantai berikut dari evolusi layang-layang, suatu pengembangan dari layang-layang daun. Persoalannya sekarang, di Asia Tenggara teru...

Pesan Geologi Berusia 1,8 Juta Tahun untuk Kabupaten Muna

Muna sebagai kabupaten usianya tahun ini 65 tahun, sebagai kerajaan umurnya menginjak 814 tahun, sebagai sebuah pulau usianya menurut Kementerian ESDM terbentuk sekitar 1,8 juta tahun yang lalu.  Ilustrasi pengangkatan Pulau Muna Muna 1 Juli 1959 mekar jadi kabupaten. Sama-sama mekar dengan Kecamatan Kendari, Buton, dan Kolaka saat Sulawesi Tenggara resmi terbentuk jadi provinsi, terpisah dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebelumnya Sulsel dan Sultra digabung jadi satu, Provinsi Sulawesi Selatan-Tenggara (Sulselra). Sejauh 2024 Muna sudah melahirkan 2 anak, yaitu Kabupaten Buton Utara yang dimekarkan pada 2 Januari 2007 dan 7 tahun kemudian tepatnya 23 Juli 2014 memekarkan Kabupaten Muna Barat. Terbersit rencana pemekaran dua wilayah lagi, Kota Raha dan Muna Timur.  Muna adalah nama suku yang mendiami satu dari dua pulau besar berdampingan di bawah lengan tenggara Pulau Sulawesi, Pulau Muna. Dan di sebelahnya Pulau Buton.  Secara administratif Muna berbagi tempat d...

Petunjuk Jalan Keliling Daerah Sulawesi Tenggara

Wakatobi hanya satu dari 4 pulau mayor di Sulawesi Tenggara yang memendam harta karun objek wisata alam yang eksotis. Mulai dari bawah laut, tepi pantai, hutan, sungai, air terjun, laguna, flora dan fauna endemik, gua purba, menara kars, hingga di angkasanya masih beterbangan burung langka dan layang-layang pertama di dunia, adalah semua apa destinasi wisata yang orang butuhkan, ada di jazirah ini. Provinsi Sulawesi Tenggara terdiri atas 17 kabupaten/kota, secara rinci 2 kota dan 15 kabupaten. Sebagian daerah-daerah itu berdiam di daratan utama Sulawesi dan sebagian tersebar di kepulauan. Persisnya 8 daerah di daratan dan 9 daerah di kepulauan. Wilayah Daratan Sebanyak 8 daerah di daratan adalah: Kabupaten Kolaka ibu kotanya Kolaka Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) ibu kotanya Wanggudu Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) ibu kotanya Tirawuta Kabupaten Konawe ibu kotanya Unaaha Kabupaten Konawe Utara (Konut) ibu kotanya Lasusua Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ibu kotanya Andoolo Kota Kendari...